Rabu, 05 Mei 2010

siklus

Siklus Rerigerant

Didalam sistim pendingin kompresi dalam keadaan standby ( diam ) gas refrigerant mengisi seluruh sistim yang terdiri atas kompresor, kondensor, katup ekspansi dan evaporator secara merata dan dengan tekanan yang relativ sama.

Ketika kompresor dihidupkan rerigrant yang berada di receiver maupun evaporator akan dihisap dan dialirkan /ditekan kedalam kondensor. Didalam kondensor gas refrigrant akan menjadi bertekanan dan bertemperatur tinggi, ketika kondensor bersentuhan dengan udara bebas yang bertemperatur kamar/ruang maka gas refrigerant akan turun suhunya dan berkondensasi sehingga perlahan lahan berubah menjadi cairan, ketika sampai diakhir kondensor gas refrigerant telah sepenuhnya menjadi cairan dengan tekanan yang masih tinggi.

Ketika cairan melalui katup ekspansi ( pipa kapiler ) cairan dengan temperature jenuh memasuki ruang evaporator yang luas dan bertekanan rendah maka serta merta akan memuai menjadi gas dan mendidih sehingga akan membutuhkan kalor laten, kalor ini diserap dari udara disekitar evaporator, shgingga terjadi penurunan suhu / disekitar evaporator, ketika sampai di akhir evaporator seluruh refrigerant telah menjadi gas dan terjadi sedikit kenaikan temperatur tetapi hal ini dapat diabaikan.

Refrigerant yang telah berubah menjadi gas yang bertemperatur dan bertekanan rendah ini dihisap oleh kompresor untuk selanjutnya ditekan/dialirkan kedalam kondensor.

Siklus ini akan terus berjalan selama kompresor dihidupkan. Refrigerant terus mengalir dengan perubahan tekanan dan temperature, hal inilah yang dimanfaatkan dalam pesawat pendingin, baik sebagai pendingin/pengawet makanan ( refrigerator ) maupun pedingin ruangan ( AC ).

11

Cara Pengisian Refrigerant Dalam Refrigeratror/ lemari pendingin

Ada dua cara pengisian yang lazim dilaksanakan para teknisi pendingin. Yang pertama dengan cara pengosongan sistim dengan menggunakan pompa vacum standar. Cara ini disamping lebih cepat juga hasil pemvacuman lebih sempurna.

Cara kedua dengan mengeluarkan udara dalam sistim dengan menggunakan kompresor dari mesin itu sendiri, cara ini lazim disebut cara vacum bodi. Cara ini makan waktu cukup lama dan sebenarnya kurang sempurna hasilnya, sebagian udara masih tersisa dalam sistim atau tidak dapat dikeluarkan seluruhnya.

PENGISIAN REFRIGERANT DENGAN MENGGUNAKAN POMPA VACUM.

22

LANGAKAH PENGISIAN SISTIM DENGAN VACUM PUMP

  1. Siapkan alat yang dibutuhkan misalnya
    • Manifold gauge
    • Tabung refrigerant
    • Pompa vacuum ( vacum pump )
    • Napel / pentil
    • Rol stopkontak
    • Clamp tester / tang amper

2. Langkah Kerja

· Pasang napel/pentil tambahan pada kompresor dari sistim yang akan diisi refrigerant.

· Pasang ketiga slang manifold pada tempatnya masing masing, selang biru pada sebelah kiri selang kuning pada saluran tengah dan merah pada bagian kanan (lihat gambar)

· Hubungkan slang biru pada napel tambahan pada kompresor

· Hubungkan selang kuning pada tabung refrigerant.

· Hubungkan selang merah pada napel pada pompa vacuum.

· Setelah yakin semuanya terpasang dengan benar dan rapat, buka kedua kran pada manifold gauge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar